Cara Mengubah Informasi Verbal Menjadi Informasi Nonverbal

Tags



untuk menyajikan sebuah informasi tentunya ada bentuk verbal dan non verbal, karena itu sangat penting dalam melakukan berkomunikasi. pada kondisi tertentu penyajian visula lebih memberikan banyak makna dari penyajian verbal. tapi hal ini tidak semua dapat disajikan dan dipahami apabila hanya dalam bentuk visual saja.

Source: pixabay.com
pada saat melakukan komunikasi, terdapat dua bentuk yang sangat penting yaitu verbal dan nonverbal yang sangat berguna  secara sinergis agar saling mendukung tersampainya informasi yang baik dan benar. oleh karena itu, kita sebagai pelajar harus bisamengalihkan informasi verbal ke non verbal dan juga bisa mengalihkan kebalikannya juga.

dalam alat bantuk visual terdapat seperti grafik, matrik, tabel, bagan, diagram dan lain-lain yang bisa diperlihatkan faktanya dengan jelas dan menarik. nah dengan melihat alat bantu tersebut pembaca bisa memahami dengan cepat informasi yang telah disampaikan dalam waktu yang singkat. fungsi lain dari sebagai alat bantu, grafik, tabel dan yang lainnya adalah untuk mempermudah dan memperjelasan sebuah tulisan yang disampaikan

nah kita bisa mengambil beberapa rangkaian informasi yang dijelaskan dengan sejumlah data dan fakta, sehingga kita bisa membaut bagan, grafik tabel, diagram, atau peta. biasanya kemampuan menggunakan alat bantu visual ini bisa membantu kalian saat menyusun sebuah teks proposal, membuat laporan atau presentasi ilmiah lainnya. selain memiliki informasi yang akurat. singkat dan padat, penyampaian dengan alat bantu visual ini lebih menarik pembaca. sehingga pembaca lebih cepat memahami.

 kalau kamu kesulitan dalam mengubah informasi verbal menjadi non verbal bisa kamu lihat dibawah ini, langkah-langkah secara runtut

1. coba kamu lihat isi dan sifa informsi dengan seksama, pahami betul
2. kedua kamu menentukan efektif atau tidaknya suatu informasi yang kalian peroleh dengan cermat.
3. pilihlah bentuk visual yang menurut kamu bagus seperti bagan, grafik, tabel dan lain sebagainya.
5. coba kamu buat visualisasi yang tepat dan benar untuk informasi tersebut
Itulah beberapa cara untuk cara mengubah informasi verbal menjadi informasi nonverbal



EmoticonEmoticon