Cara Menentukan Windows/OS Kalian Menggunakan 32 bit atau 64 bit


Apa itu RAM ? RAM adalah singkatan dari Random Acces Memory,Fungsi RAM secara sederhana adalah sebagai media simpan sementara yang digunakan hanya saat computer menyala. Dalam artikel sebelumnya mengenai memori kita sudah membahas secara sekilas bahwa RAM adalah termasuk memori yang bersifat sementara / temporer.

Source:Google.com
RAM bisa di artikan sebagai otak dari komputer tersebut karna tanpa RAM,komputer tidak bisa berjalan atau tidak ada tampilan pada MONITOR.

 RAM juga ada beberapa jenis DDR,DDR1,DDR2,DDR3,DDR4,nah di antara DDR tersebut tergantung dari motherboard yang kalian pakai.

Misal slot RAM di Motherboard kalian DDR2 nah RAM yang kalian pakai adalaha DDR3 sudah pasti slot tersebut tidak cocok.

Jadi kalian harus membeli ram yang sama dengan motherboard kalian kalau tidak ram tersebut tidak dapat di pakai.

Untuk maximal memory sendiri tergantung dari motherboard kalian,ada yang support hingga 16 GB ada yang hanya support sampai 8 GB saja.

Biasanya yang support ke 16 GB itu sudah menggunakan RAM DDR yang terbaru yaitu DDR4 sudah jelas kecepatan nya sudah mantap.


Hal ini sama seperti komponen-komponen di komputer lainnya yang juga mempunyai banyak tipe dan versi. Jenis-jenis RAM atau macam-macam tersebut antara lain sebagai berikut:  

1. EDO RAM EDO RAM adalah singkatan dari Extended data out random access memory. Ini merupakan jenis RAM yang banyak digunakan pada generasi komputer Pentium 100 dengan kecepatan clock 50 MHZ. Jumlah pin EDO RAM adalah 72 pin / kaki.

 2. SDRAM SDRAM adalah singkatan dari Synchronous Dynamic Random Acceess Memory. SDRAM adalah tipe RAM yang memiliki kemampuan untuk ‘balancing’ kecepatan clock processor. Jika kecepatan clock RAM dan processor sama, maka sistem komputer akan berjalan seimbang karena aliran data diantara keduanya berjalan lancar.  Jumlah pin SDRAM adalah 168 pin. Jenis RAM ini banyak digunakan pada generasi Pentium II dan III.  

3. DDR RAM DDR RAM adalah singkatan dari Double Data Rate Random Access Memory. DDR RAM biasa disebut dengan sebutan DDR saja

Jenis RAM ini merupakan teknologi lanjutan dari SDRAM. Jumlah pin DDR RAM adalah 184 pin, namun begitu, ada pula sumber yang menyebutkan bahwa DDR ini memiliki beberapa variasi yang terkadang memang membingungkan user. Varian DDR ini dibedakan berdasarkan jumlah pin-nya, yakni;
  • 100 pin
  • 172 pin
  • 184 pin
  • 200 pin
Jadi gimana cara menentukan OS kalian menggunakan 32 bit atau 64 bit.
Cukup gampang kok,kalian hanya melihat RAM yang kalian pakai itu berapa GB,kalau 2 GB recommended untuk 32 bit

64 bit recommended untuk 4GB keatas,atau 4GB saja memakai 64 bit juga karna kalau memakai yang 32 bit ada beberapa yang tidak terbaca oleh komputer tersebut,Kenapa begitu ?

Selain fakta bahwa OS 64-bit memerlukan CPU 64-bit, dimana hampir semua CPU keluaran baru saat ini telah mendukung 64-bit, ada juga beberapa perbedaan dari segi kemampuan dukungan RAM yang lebih besar, tambahan fitur security, serta extra processing power.

Jika Ram yang kalian pakai misalnya 8 GB terus OS yang kalian install itu 32 bit,hanya sebagian saja yang terbaca oleh system,hanya 3,32 GB atau lebih saja yang kebaca ? sisanya kemana ? ya sisanya tidak terpakai,jadi sia sia saja kalian menggunakan RAM 8 GB tapi OS kalian 32 bit.

Begitu pula 2 GB jangan memakai 64 bit karna itukan membuat KOMPUTER/Laptop kalian bekerja secara paksa.

1 komentar so far

ternyata mudah juga ya cara melihat windows versi berapa di PC


EmoticonEmoticon